SIMALUNGUN-Guna memudahkan wisatawan dan masyarakat melakukan penyeberangan, PT. Pembangunan Prasarana Sumatera Utara (Sumut) uji coba penjualan tiket sistem elektronik (online) di Lintasan Tigaras-Simanindo sejak Jumat, 1 September 2023
Pemberlakuan dan penjualan sistem tiket elektronik di Lintasan Tigaras-Simanindo dan sebaliknya berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor 19 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan tiket elektronik di pelabuhan penyeberangan, ”ujar Dirut PT. PPSU Refli Yuner
Dirut PT. Pembangunan Prasarana Sumatera Utara (Sumut) juga menyampaikan, bahwa penerapan sistem tiket elektronik di Lintasan Tigaras-Simanindo bertujuan untuk meningkatkan dan memberikan pelayanan yang semakin mudah, aman dan nyaman bagi pengguna jasa,
"Penerapan pembelian tiket daring ini merupakan upaya untuk membantu para wisatawan di era digitalisasi ini. Selain itu, langkah ini merupakan jawaban atas arahan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, ”ucap Refli Yuner
Ia juga menjelaskan, lebih jauh bahwa hal ini adalah salah satu upaya dalam meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa sehingga antrian yang panjang akibat kurangnya informasi jadwal pelayanan tidak lagi terjadi dan juga kepastian pelayanan lebih terukur.”kata Refli Yuner
Baca juga:
Yan Mandenas Tinjau BTS 4G di Desa Wadibu
|
Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Transportasi PT. Pembangunan Prasarana Sumatera Utara (PPSU) KMP Sumut Rama Tresna menyampaikan, Kemudahan memperoleh tiket secara daring ini diharapkan bisa meningkatkan jumlah kunjungan masyarakat ke kawasan destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba.
Selain itu, Pengguna jasa bisa membeli tiket di mana saja dan kapan saja, tanpa perlu antre di pelabuhan, dan untuk memesan tiket penyeberangan rute Tigaras-Simanindo cukup mudah. Calon penumpang bisa membeli tiket, dengan terlebih dahulu melakukan reservasi di situs www. tiket.kmpsumut.com
Setelah itu, muncul petunjuk untuk melakukan pengisian kolom, seperti pelabuhan asal dan pelabuhan tujuan. Kemudian, pilih layanan dan pengguna jasa. Terakhir pilih tanggal rencana keberangkatan dan jenis penumpang, ”terang Rama Tresna
Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (KSOPP) Danau Toba Rijaya Simarmata mengapresiasi penerapan tiket online di Lintasan Tigaras-Simanindo dan meminta digitalisasi tiket ini terus ditingkatkan
Langkah ini juga merupakan bentuk komitmen untuk menghadirkan layanan penyeberangan yang semakin mudah, aman dan nyaman bagi pengguna jasa, ”ujar Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (KSOPP) Danau Toba Rijaya Simarmata
Rijaya Simarmata juga mengharapkan, dengan hadirnya layanan tiket sistem daring ini dapat lebih meningkatkan kemajuan sektor pariwisata Danau Toba agar semakin ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara, "ujar Rijaya Simarmata. (Karmel)